MELAKUKAN RISET PEMASARAN
“perancangan, pengumpulan, analisis, dan
pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi
pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.”
-Philip Kotler -
Mengapa Riset Pemasaran Penting ?
1. Lingkungan bisnis berubah dengan cepat
2. Persaingan bisnis semakin tinggi
3. Pelanggan semakin cerdas
4. Keterbatasan Sumber daya perusahaan untuk memenangkan persaingan.
1. Lingkungan bisnis berubah dengan cepat
2. Persaingan bisnis semakin tinggi
3. Pelanggan semakin cerdas
4. Keterbatasan Sumber daya perusahaan untuk memenangkan persaingan.
Proses Riset Pemasaran
1. Mendefinisikan Masalah, Alternatif Keputusan dan Tujuan Riset
2. Mengembangkan Rencana Riset
3. Mengumpulkan Informasi
4. Menganalisi Informasi
5. Mempresentasikan Temuan
6. Mengambil Keputusan
1. Mendefinisikan Masalah, Alternatif Keputusan dan Tujuan Riset
2. Mengembangkan Rencana Riset
3. Mengumpulkan Informasi
4. Menganalisi Informasi
5. Mempresentasikan Temuan
6. Mengambil Keputusan
Pengukuran Produktivitas Pemasaran
Dua Pendekatan komplementer untuk mengukur produktivitas Pemasaran:
1. Ukuran Pemasaran untuk menilai pengaruh pemasara
2. Permodelan bauran pemasaran untuk mengestimasi hubungan sebab-akibat dan mengukurbagaimana kegiatan pemasaran mempengaruhi hasil.
Dua Pendekatan komplementer untuk mengukur produktivitas Pemasaran:
1. Ukuran Pemasaran untuk menilai pengaruh pemasara
2. Permodelan bauran pemasaran untuk mengestimasi hubungan sebab-akibat dan mengukurbagaimana kegiatan pemasaran mempengaruhi hasil.
Download Materi
Komentar
Posting Komentar