MELAKUKAN RISET PEMASARAN


         “perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.”
          -Philip Kotler -

          Mengapa Riset Pemasaran Penting ?
1. Lingkungan bisnis berubah dengan cepat
2. Persaingan bisnis semakin tinggi
3. Pelanggan semakin cerdas
4. Keterbatasan Sumber daya perusahaan untuk memenangkan persaingan.

          Proses Riset Pemasaran
1. Mendefinisikan Masalah, Alternatif Keputusan dan Tujuan Riset
2. Mengembangkan Rencana Riset
3. Mengumpulkan Informasi
4. Menganalisi Informasi
5. Mempresentasikan Temuan
6. Mengambil Keputusan

          Pengukuran Produktivitas Pemasaran
Dua Pendekatan komplementer untuk mengukur produktivitas Pemasaran:
1.  Ukuran Pemasaran untuk menilai pengaruh pemasara
2. Permodelan bauran pemasaran untuk mengestimasi hubungan sebab-akibat dan mengukurbagaimana kegiatan pemasaran mempengaruhi hasil.

Download Materi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH

soal dan jawaban akuntansi keuangan menengah