STRATEGI PEMASARAN DAN RENCANA PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN adalah logika pemasaran, dan
berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran
pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang
biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada
kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan
dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
RENCANA PEMASARAN (MARKETING PLAN) adalah
suatu dokumen yang dikembangkan oleh pimpinan perusahaan dan marketing
professional untuk mengarahkan bagian departemen marketing pada perusahaan
untuk mengimplementasikan strategi untuk mencapai tujuan / target yang
diharapkan. Biasanya, perusahaan mengembangkan marketing plan setiap beberapa
tahun sekali dan secara periodik mengevaluasi dan mengaturnya berdasarkan
strategi perusahaan
PROSES
PERENCANAAN PEMASARAN
•
Analisis hasil prestasi
•
Analisi keunggulan, kelemahan, kesempatan, dan
ancaman perusahaan
•
Penyusunan program pemasaran
•
Penentuan tujuan pemasaran
•
Penerapan Strategi pemasaran
•
Penetapan target pemasaran
•
Penyusunan rencana pemasaran
•
Penyusunan anggaran pemasaran
Download Materi
Komentar
Posting Komentar